Senin, 18 Mei 2009

Es Roly..Es Jaman Pra-sejarahku..hagz..hagz.hagz..


Wo..wo..wo.. what's up, Guy's..?? kali ini postingku diutamakan tentang masa-masa nostalgia-ku dan mungkin juga nostalgia kita semua.. hagz,,hagz..hagz..
Occeh..sedikit curhat dulu yawh tentang yang aku alami dan aku akhirnya aku postingin dimari.. tadi pagi tepatnya pukul 08:00 pagi..waktu tuch aku masih belum mandi..yawh terang aja karena aku aja baru bangun tuch jam segitu.. hagz..hagz..hagz.. jadi malu nech rahasiaku kebongkar..
kemudian, karena mata masih siup-siup (siup-siup..??? apa cewh istilahnya..) aku langsung nongkrong dibelakang rumah..(heh?? bangun tidur gag langsung mandi..malah nongkrong dirumah..)..
Dan kemudian terdengar dari telingaku suara yang khas..i-thing..i-thing....i-thing... yang sudah jelas banget mulai dari jaman kompeni belanda sampai jaman Ken Arok jadi Bupati itu menandakan kalo itu tukang es yang jelas jual es..bukan jual ban..
Tapi, ada yang khas dari penjual es dan es yang dijual ini.. kenapa? karena ini es adalah bukti sejarah kuliner Indonesia... iyawh.. itu adalah Penjual Es Roly dan Es Roly yang legendaris ini yang sekarang harganya 1.000,-..dan aku tadi beli 2 buah untuk aku dan adekku.. dan iseng-iseng aku mulai sharing bersama Bokapku tentang perjalanan es roly legendaris ini..

Kalo, temen-temen kurang tahu apa itu Es Roly ataupun lupa.. baiklah, aku akan cerita sedikit tentang karakteristik dari es ini.. Es ini terbuat dari santen yang diolah sedemikian rupa sehingga berbentuk balok persegi panjang yang diberi stik kayu pada pangkalnya.. rasanya sich, sama semua meskipun ada dalam berbagai warna, ada warna merah, kuning, hijau dan coklat hagz..hagz..hagz.. dan tentang penjual esnya, mereka sering membawa termos tempat esnya yang berbentuk tabung yang biasanya dipikul oleh penjualnya serta selalu membunyikan lonceng..i-thing...i-ning..i-thing...i-ning.. Hagz...
Dulu cewh waktu jaman aku sekolah TK..es ini masih dibandrol sekitar 50,- perak perbatang..itupun udah mewah banget waktu itu.. lhawh, aku aja TK masi dikasi uang saku cuman 75,- perak coba anak sekarang berapa uang sakunya...??? 3.000,- ...wow?? bisa buat beli baju tuch jamanku.. ckckckckckckck...
Beda lagi pas jaman Bokapku.. dia juga merasakan kenikmatan es ini waktu masa kecilnya dijaman 60'an.hump, bukankah ini es adalah bukti sejarah hidup yang masih ada... Bokapku malah bercerita kalo harga es Roly ini masih 1 rupiah.. dari 1 rupiah, 50 rupiah hingga 1.000 rupiah.. dari ini saja kita bisa melihat prejalanan kurs mata uang kita dan perkembangan kesejahteraan rakyat kita..wow..multifungsi khan manfaat es ini.. hagz..hagz..

Dari Jaman Bokapku hingga sekarang pada jamannya adekku yang masih TK..Es Roly telah menjadi saksi perjalanan sejarahku dan sejarah bangsa kita.. dan sekarang bagaimana dengan teman-teman sekalian..?? masih menemui Saksi sejarah hidup ini'kah..???


nech foto wajah asli Es Roly itu yang dipegang ama Adekku yang masih TK kecil


0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e:
:f: :g: :h: :i: :j:
:k: :l: :m: :n: :o:
:p: :q: :r: :s: :t:
:u: :v: :w: :x: :y:
:z: :1: :2: :3: :4:
:5: :6: :7: :8: :9:
:10: :11: :12: :13: :14:

Posting Komentar

© 2008 Por *Templates para Você*